5 Tips Keren Membuat Desain di Canva Untuk Jualan Produk Online Shop di Instagram

Siapa bilang, membuat desain di Canva sulit? Jika Anda berniat meningkatkan estetika akun online shop pribadi di media sosial Instagram, saatnya memaksimalkan platform desain yang satu ini. Ramah pengguna, mudah digunakan, dan dilengkapi berbagai macam fitur canggih!

Tak hanya jejaring pertemanan, update Instagram terbaru mendukung pengguna online shop untuk menjajakan produknya secara mudah. Banyak fungsi ala marketplace yang kini melengkapi Instagram, sehingga aktivitas jual beli turut aktif di sana.

Pemilik online shop biasanya membuat desain di Canva untuk feeds dan Instagram Story. Apalagi saat hendak memasang iklan, tentu dibutuhkan tampilan visual yang bagus dan menarik perhatian.

Canva adalah rumah bagi jutaan template yang dirancang secara profesional untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, salah satunya pemilik online shop di Instagram. Ikuti tips ampuh membuat desain feeds dan story yang baik, sebagai berikut.

5 Tips Membuat Desain di Canva untuk Online Shop

1. Konsep Desain Harus Konsisten

Orang-orang menyukai konsistensi, itulah sebabnya branding gambar di Instagram sangat penting. Terlebih, konsistensi sama dengan kepercayaan. Sekali percaya, mereka bakal cenderung melakukan pembelian berikutnya dari online shop yang sama.

Maka dari itu, Anda sebagai pemilik online shop dianjurkan menggunakan konsep desain yang konsisten. Hal ini bisa dilihat dari template, pemilihan skema warna, hingga gaya font. Hindari menggunakan elemen yang berubah-ubah dalam jangka waktu dekat.

Terlalu sering mengganti elemen desain dalam feeds atau story Instagram, mampu menimbulkan kebingungan. Masyarakat akan kesulitan menerka barang yang dijual oleh brand tersebut. Jangan sampai ini terjadi pada online shop Anda, gunakan desain konsisten dari sekarang!

2. Gunakan Gambar Berkualitas Tinggi

Selain dominasi desain, online shop bakal menyajikan foto katalog barang. Ada yang menggunakan model, ada juga yang tidak. Namun satu hal yang mesti digarisbawahi, Anda harus menyajikan gambar tersebut dengan kualitas tinggi!

Semakin berkualitas, maka semakin besar minat masyarakat untuk belanja. Guna mendukung hal ini, Canva turut menyediakan jutaan stok gambar untuk Anda optimalkan dalam desain.

Untuk menambahkan gambar dari perpustakaan, cukup ketuk template terkait. Selanjutnya, gambar akan muncul di bagian bawah layar. Anda juga akan diberikan opsi untuk menelusuri pustaka gambar Canva yang menyimpan jutaan gambar dan ilustrasi.

3. Simpel dan Mudah Diakses

Akun media sosial online shop di Instagram, harus mudah dijelajahi dan dicerna. Tak harus selalu dramatis, prinsip desain yang bagus adalah minimalis dan mempertimbangkan space kosong agar terlihat bersih. Jangan terlalu berlebihan, gunakan elemen secukupnya.

Fokus penjualan terletak pada produk, sementara desain grafis hadir untuk melengkapi kebutuhan branding dan penjualan. Visual yang terlalu heboh, malah akan menghilangkan fokus pembeli saat sedang berselancar menjelajahi katalog satu per satu.

Banyak ruang putih, tidak lebih dari tiga warna per konten, font sederhana dan dapat dibaca, adalah konsep yang baik. Sebisa mungkin, sesuaikan pula dengan warna produk yang Anda jual. Jangan sampai terlalu kontras, karena malah membuat produknya tidak menonjol di katalog.

4. Sesuaikan Desain dengan Fitur Instagram

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kini Instagram didukung oleh fitur khusus bagi para pelaku bisnis. Mulai dari feeds, story, polling, hingga “Ask Question”, semuanya bisa Anda gunakan demi mendukung promosi serta penjualan.

Pertama, Canva menyajikan template khusus untuk feeds serta story. Gunakan sesuai kebutuhan dan branding. Tak lupa, pertimbangkan ukuran berdasarkan jenis konten. Anda akan dilibatkan dengan pemilihan bentuk seperti portrait dan landscape.

5. Dukung dengan Informasi yang Jelas

Tampilan visual yang bagus, harus didukung oleh informasi yang jelas. Pada beberapa konten, sebaiknya tambahkan halaman kontak dengan email, nomor telepon, dan lokasi toko offline. Tempatkan tautan website dan laman sejenisnya di profil Instagram.

Itulah tadi tips ampuh membuat desain di Canva untuk akun media sosial Instagram online shop. Selebihnya, Anda dapat menyesuaikan kebutuhan elemen grafis dengan tools canggih yang tersedia. Sudah siap meningkatkan penjualan produk? Selamat mencoba!

Bagikan Aritkel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *